Tuesday, February 6, 2018

Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar

Selamat Datang di Blog KonsepSurat.Blogspot.com. Blog ini khusus membahas surat menyurat lengkap yang akan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari contoh surat yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh surat pernyataan yang baik dan benar sesuai dengan keadaan atau kondisi yang sedang dinyatakan.

Ada kalanya seseorang membutuhkan surat pernyataan sehingga harus mengetahui bagaimana cara membuat surat pernyataan yang sesuai dengan kaidah bahasa dan sesuai dengan keadaan atau situasi yang sedang dinyatakan.

Kesesuaian tersebut dimaksudkan untuk memenuhi tujuan dibuatnya surat pernyataan sehingga unsur-unsur yang dinyatakan dapat diterima dan dibenarkan.
Pengertian surat pernyataan sendiri adalah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang atau lembaga dengan tujuan menyatakan dan membenarkan sesuatu yang dinyatakan yang dimuat dengan pasal-pasal atau tidak.

Surat pernyataan juga merupakan sebuah pernyataan tertulis yang dibuat oleh individu atau lembaga yang menerangkan atau menyatakan suatu kesanggupan tentang suatu hal dengan bersedia menanggung segala aspek hukum.

Surat pernyataan terbagi ke dalam 2 jenis yaitu surat pernyataan satu pihak sering disebut juga pernyataan pribadi dan pernyataan dua pihak. Surat pernyataan satu pihak adalah surat pernyataan yang dibuat oleh seseorang tanpa ada pihak lain yang ikut menyatakan. Sedangkan surat pernyataan dua pihak adalah surat pernyataan yang dibuat oleh para pihak ( Pihak kesatu dan pihak kedua ) dan ditanda tangani secara bersama-sama.

Syarat Membuat Surat Pernyataan

Dalam membuat surat pernyataan, seseorang atau lembaga harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Syarat tersebut merupakan aspek hukum yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat membuat surat pernyataan:
  1. Cakap hukum atau dewasa
  2. Dalam keadaan sadar
  3. Tidak dibawah tekanan pihak tertentu

Cara Penyusunan Surat Pernyataan

Dalam membuat surat pernyataan tidak boleh sembarangan atau asal-asalan karena ada pedoman penyusunan surat pernyataan. Pedoman dalam membuat surat pernyataan tersebut bertujuan agar sesuai dengan kaidah surat menyurat atau konsep surat.

Surat pernyataan disusun dalam 3 pokok yaitu nama surat pernyataan,Isi dan penutup. Berikut format penyusunan surat pernyataan.
  1. Nama Surat Pernyataan
    1. Rata Tengah/Centering
    2. Ditulis dengan huruf kapital
    3. Ditebalkan ( jika diketik dengan komputer)
  2. Isi Meliputi:
    1. Identitas jelas pembuat surat
    2. Poin yang dinyatakan ( berisi pasal-pasal )
  3. Penutup berisi
    1. Tempat dibuat surat pernyataan
    2. Hari dan tanggal surat
    3. Nama jelas si pembuat surat
    4. Keterangan lain seperti ( NIP)
    5. Tanda tangan dibubuhi materai
    6. Saksi-Saksi jika diperlukan
    7. Pengesahan ( oleh pejabat tertentu

Contoh Surat Pernyataan

Pada artikel ini saya akan membuat beberapa contoh surat pernyataan yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu contoh surat pernyataan pribadi atau personal atau pernyataan kelompok atau pernyataan dua pihak.

Namun sebelumnya anda harus memahami bahwa ini hanya sekedar contoh dan anda bisa melakukan perubahan atau perbaikan sesuai dengan keinginan dan kondisi yang dinyatakan.

Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan

Contoh surat pernyataan yang pertama adalah contoh surat tidak akan mengulangi kesalahan yang dibuat oleh personal atau individu. Contoh surat pernyataan ini akan bermanfaat bagi anak sekolah yang dihukum oleh sekolah atau seorang karyawan yang telah membuat kesalahan dalam pekerjaannya.

SURAT PERNYATAAN TIDAK AKAN MENGULANGI KESALAHAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
No. KTP/SIM/Kartu Pelajar ( isi dengan Nomor KTP/SIM atau jika pelajar dengan Nomor Kartu Pelajar)
Tempat, Tanggal Lahir ( isi tempat dan tanggal lahir )
Jabatan ( bisa dihilangkan )
Pekerjaan
Alamat

Dengan ini menyatakan bahwa :
  1. Saya berjanji tidak akan membuat kesalahan atas tindakan saya yang telah merugikan pihak (sekolah/perusahaan)
  2. Apabila ternyata dikemudian hari saya melakukan kesalahan yang sama, maka saya bersedia diberi tindakan tegas ( diajukan dimuka hukum/dikeluarkan dari sekolah)

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Dibuat di : SUKAHUJAN
Pada Tanggal : 20 Juni 2018

Saya yang menyatakan


Materai Rp.6.000


(NAMA JELAS)

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN DANA

Contoh surat pernyataan kesanggupan dana adalah contoh surat yang biasa digunakan oleh desa. Surat pernyataan ini dibuat dan ditandatangani oleh TPK dan Kasi Ekbang Desa

SURAT PERNYATAAN KESIAPAN PENGGUNAAN DANA
(SPKPD) TAHAP II

Pada hari ini, ...........tanggal …….. ……….. 20.., yang bertanda tangan dibawah ini :

I. Nama :……………………….
Jabatan :Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa................ Kecamatan .............., Kabupaten Lebak

II. Nama :……………………..
Jabatan :Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK/EKBANG KESRA) Desa........... Kecamatan ................ Kabupaten Lebak

Dengan ini menyatakan bahwa :

  1. Seluruh Kelompok Masyarakat/Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa…………… Kecamatan ……………….telah siap untuk melaksanakan kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana Desa Dengan Mekanisme Swakelola dan Padat Karya Tahun Anggaran 20..
  2. Seluruh persyaratan teknis dan administratif telah dipenuhi, sehingga sesuai dengan Surat Perjanjian Pendanaan (SP2) nomor ....../SP2/KSP/…/……. /20.. tanggal ..... bulan 20.. Kelompok Masyarakat/TPK di Desa............. layak untuk menerima pembayaran Tahap II 50 % dari total nilai SP2 sebesar Rp ...................,- ( Dengan huruf ).
  3. TPK berkewajiban menggunakan dana untuk menyelesaikan Pembangunan Sarana Prasarana dengan Mekanisme swakelola dan Padat Karya sesuai dengan rencana yang sudah dibuat
  4. TPK bertanggung jawab sepenuhnya atas penyelesaian kegiatan dimaksud sesuai jadwal dan target yang telah disepakati dalam SP2, dengan bantuan pendampingan dari Pendamping .

Demikian pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

PJOK/EKBANG KESRA Ketua TPK




( ......................) (.........................)


Demikian contoh surat pernyataan yang baik dan benar ini dibuat, semoga bermanfaat bagi kita semua